Jika Anda berencana membeli mobil di tempat penjualan mobil bekas, lelang mobil, atau melalui perorangan, kecil kemungkinan Anda akan mendapatkan jawaban yang benar-benar jujur atas semua
pertanyaan Anda. Jadi apa yang bisa kamu lakukan? Nah, tentu, jangan putus asa !! Izinkan saya memberi Anda beberapa senjata yang dapat Anda gunakan untuk melawan industri mobil.
Dapatkan Pengukur Cat
Dengan salah satu pengukur cat ini, Anda dapat mendeteksi cat atau selotip asli pabrik. Ini juga akan menampilkan puddy bondo-body atau logam yang diganti. Dan sangat sedikit penjual mobil yang tahu apa yang Anda miliki !! Paling tidak, mata penjual akan terangkat ketika Anda bertanya kepadanya mengapa mobil yang Anda minati dicat. Apakah karena kecelakaan atau hanya dicat ulang agar terlihat bagus.
Ingatlah bahwa 99% dari semua penjual tidak tahu apa yang terjadi di balik pintu tertutup - atau dikenal sebagai ujung bisnis dari bisnis otomotif. Mereka di sana hanya untuk menjual mobil dengan harga setiap sen yang dapat mereka peras dari pembeli publik.
Mengapa saya menyarankan agar Anda mendapatkan pengukur cat? Karena pengecatan ulang mobil adalah praktik yang sangat produktif dalam bisnis otomotif. Saya tidak dapat membuktikannya, tetapi jika saya harus menebak berapa banyak mobil yang dijual ke pasar terbuka melalui dealer yang telah dicat ulang, saya kira paling tidak 40%. Setiap minggu, saya pribadi melihat ribuan mobil berbaris di "toko cat" untuk dicat ulang. "Toko cat" ini terletak di tempat pelelangan dan juga dikenal sebagai fasilitas pengintaian.
Tidak semua mobil dicat ulang sepenuhnya. Sebagian besar mengecat ulang bumper mereka. Masuk akal untuk mengecat ulang bumper karena, meskipun bagian mobil lainnya tidak memiliki cacat, bumper sering tergores cukup parah. Lain kali Anda mengunjungi dealer, perhatikan berapa banyak bumper yang tidak memiliki cacat - tidak ada goresan pada bumper tersebut meskipun mobil tersebut berusia tiga tahun.
Masalahnya datang dengan dealer. Banyak dealer retail yang berani berbohong dan mengklaim bahwa mobil mereka asli. Dan orang-orang mempercayainya karena karyanya terlalu bagus untuk dicat ulang. Tahukah Anda berapa harga rata-rata untuk mengecat ulang bumper ini? Hanya $ 200. Nilai yang dirasakan oleh publik dan dieksploitasi oleh pedagang eceran? Ribuan dolar.
Nah, jika Anda memiliki pengukur cat, maka Anda akan tahu yang sebenarnya. Lantas, bagaimana kebijakan saya terhadap kendaraan yang dicat ulang? Jika mobil itu dicat ulang dengan benar dan dikerjakan dengan sangat profesional - proses pengecatan ulang pabrik - maka saya tidak punya masalah membeli mobil itu. Pengecatan profesional akan membuat mobil terlihat seperti saat keluar dari jalur perakitan.
Inti dari pengukur cat adalah memberi Anda lebih banyak informasi orang dalam daripada yang diungkapkan Carfax. Hanya karena tidak muncul di Carfax tidak berarti bahwa mobil tersebut bebas dari sejarah negatif.
Tentukan Waktu Garansi
Anda harus menentukan waktu garansi yang benar dan dapat melakukannya dengan memeriksa pintu samping drive dan melihat kapan mobil itu diproduksi. Ini akan memberikan tanggal seperti 5/11/99.
Katakanlah Anda tertarik untuk membeli Nissan Maxima 2000 dengan jarak tempuh hanya 22.000 mil dan saat ini dijual pada 29 September 2002. Anda bertanya kepada penjual atau tetangga bahwa Anda membeli mobil dari garansi pabrik dan dia memberi tahu Anda 3 tahun atau 36.000 mil. Apa yang banyak orang gagal sadari adalah ini: model 2000 sebenarnya berusia 3 tahun !!!!
Tidak percaya padaku Mari kita hitung tahun: 2000, 2001, 2002.
Saya melihat orang-orang membuat kesalahan ini berulang kali. Dan untuk memperburuk keadaan, ketika Anda membuka pintu samping pengemudi dan dikatakan diproduksi pada 5/11/99, garansi mulai dalam 3 bulan sejak tanggal ITU !! Jadi sungguh, apa yang Anda miliki adalah garansi yang dimulai pada pertengahan 1999 !!!
Dan kemudian Anda perlu memeriksa untuk melihat apakah garansi bahkan ditransfer kepada Anda Seva Pusat Mobil Murah sama sekali. Beberapa pabrikan mengizinkan hingga tiga kali transfer pemilik dengan garansi utuh dan beberapa tidak. Cara terbaik untuk memeriksanya adalah dengan menelepon dealer dan mencari tahu. Anda juga dapat meminta mereka menjalankan pemeriksaan VIN untuk memberi tahu Anda status garansi mobil itu.
Buka Tutup Oli
Ini bagus untuk semua orang, tetapi terutama bagi Anda yang membeli mobil tua. Buka tutup oli dan lihat tutupnya dengan hati-hati. Jika ada lumpur (kotoran hitam pekat) di bagian belakang tutup oli, berarti oli tidak pernah diganti --- atau tidak cukup !! JANGAN beli mobilnya !!
Jika tampak ada cairan sirup warna karamel pada tutupnya, itu berarti anti-freeze bocor ke mesin. Ini adalah kanker terminal bagi mesin, jadi JANGAN membeli mobil.
Masalah dengan alat ini adalah sebagian besar dealer juga mengetahui hal ini, dan tahu cara membersihkan tutup serta mengganti oli sehingga semuanya "terlihat" baik-baik saja.
Minta Awal yang Dingin
Saat datang untuk melihat mobil apa pun, mintalah agar dapat menyalakan mobil dengan dingin. Ini berarti mesin telah diam minimal selama 12 jam, tetapi sebaiknya 24 jam.
Mengapa? Saat start dingin, banyak masalah dengan motor bisa dilihat dan didengar. Jika Anda mendengar suara yang tidak "normal, seperti dentingan keras atau suara gesekan, yang hilang saat mobil menjadi hangat, JANGAN membelinya tanpa pemeriksaan menyeluruh oleh mekanik ANDA.
Jika Anda melihat banyak asap biru saat start dingin, artinya mobil sedang membakar oli. Jika mengeluarkan asap putih, maka ada anti beku di mesin. Ini BUKAN pertanda baik !!
Periksa Kompresi Mesin
Anda dapat memeriksa kompresi mesin hanya dengan memutar ulang mesin saat dalam keadaan netral dan melihat RPM. RPM mobil dengan kompresi yang baik akan naik dan turun dengan cepat. Jika mobil kesulitan menaikkan RPM atau saat naik turun sangat lambat, mesin kehilangan kompresi. JANGAN membelinya !!
Ketahui Nilai Pinjaman Pada Mobil
Mencari tahu berapa nilai pinjaman untuk mobil yang Anda inginkan dari model tahun berjalan sampai model 5 tahun sangat penting untuk mengetahui harga grosir yang baik. Hubungi bank untuk mendapatkan nilai pinjaman. Ini membantu Anda menentukan harga yang ingin Anda bayarkan.
Anda juga perlu mendapatkan pengurangan jarak tempuh yang sesuai. Pengurangan jarak tempuh adalah 12.000 per tahun. Jadi, jika sebuah mobil berumur 5 tahun, maka pengurangan jarak tempuh adalah 60K. Jika mobil tersebut berumur 3 tahun, maka pengurangan jarak tempuh adalah 36K.
Usahakan untuk selalu membeli mobil dengan potongan jarak tempuh yang sesuai. Mengetahui nilai pinjaman memungkinkan Anda mengetahui cukup dekat apa yang dibayarkan dealer untuk mobil tersebut.
Pastikan Bodi Kendaraan Lurus
Berdirilah di belakang kendaraan dan periksa apakah roda belakang sejajar persis di belakang roda depan dan apakah bodi miring dengan benar. Jika mobil terlihat agak miring atau bahkan bengkok, itu pertanda pasti bahwa mobil tersebut mengalami kecelakaan dan bingkainya bengkok.
Periksa Kerusakan Air dan Banjir
Menurut American Automobile Association, ada ribuan mobil bekas di pasaran yang menjadi korban banjir dan jenis kerusakan air lainnya. Begitu:
* Periksa lumpur kering di celah dan celah di bawah kap atau di belakang panel trim di dalam mobil
* Perhatikan bau lembab atau apek di dalam kendaraan
* Cari karpet atau pelapis yang baru diganti.
Ini semua adalah petunjuk kerusakan air.
Lihat Di Bawah Kendaraan
Periksa apakah ada cairan yang mungkin bocor ke trotoar. Jika Anda melihat genangan kecil atau titik lembab oli, air, atau cairan lain, mobil mungkin mengalami masalah mekanis yang mahal.
Periksa Odometer
"Alokasi normal" adalah 12.000 hingga 15.000 mil per tahun. Jika mobil memiliki jarak tempuh yang sangat tinggi untuk usianya, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kendaraan lain.
Jika mobil memiliki jarak tempuh yang sangat rendah, Anda mungkin punya alasan untuk curiga. Perusakan odometer adalah kejahatan yang tersebar luas dan sulit dibuktikan.
Minta Mekanik Anda Memeriksa Kendaraan SEBELUM Anda Membeli
Mekanik Anda akan dapat memberi tahu Anda pekerjaan perbaikan apa yang dibutuhkan mobil sekarang dan pekerjaan perbaikan apa yang mungkin diperlukannya di masa depan. Meminta mekanik Anda memeriksa mobil sebelum Anda membelinya adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa Anda tidak mendapatkan "lemon". Jika penjual tidak mengizinkan mekanik Anda melihat mobil tersebut, Anda harus sangat curiga.
Dengan membeli mobil bekas Anda dapat menghemat banyak uang. Anda mungkin bisa membeli model sarat dengan semua fitur yang Anda tidak mampu beli seandainya Anda membeli mobil baru. Namun, membeli mobil bekas bisa jadi pertaruhan. Anda bisa bernapas lebih lega dengan mengikuti tip berikut.
0 komentar:
Posting Komentar